25 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate
Mencari kerja melibatkan lebih dari sekadar mencari posisi terbuka dan mengirimkan resume Anda ke perusahaan. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda beradaptasi dengan baik dengan pekerjaan tersebut, mampu menarik perhatian manajer perekrutan, dan siap menjawab pertanyaan wawancara dengan baik. Berikut ini beberapa tip untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus. Dengan mereka Anda dapat mencari pekerjaan secara efektif.
Berikut ini 25 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate
1. Ketahui tujuan profesional Anda
Pertama, kenali jenis karier yang Anda inginkan. Ini sangat penting bagi orang-orang yang memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya atau berganti karier. Dapatkan rekomendasi dari anggota keluarga, guru, pelatih karier, atau mantan rekan kerja. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dan realistis, tentukan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya, dan tuliskan apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk jalur karier tersebut. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mempersempit pencarian kerja ke posisi yang Anda sukai dan membantu Anda maju secara profesional.
2. Rencanakan ke depan
Atur diri Anda dan jadwal Anda untuk mencari pekerjaan dengan lebih efisien. Tentukan berapa jam per hari atau hari apa dalam seminggu Anda akan habiskan untuk mencari pekerjaan atau jaringan. Pastikan resume dan surat lamaran Anda mutakhir. Jika Anda memerlukan bantuan untuk membuatnya, cari templat atau sampel secara online. Miliki daftar dua atau tiga referensi dan informasi kontak Anda siap untuk diberikan kepada pemberi kerja.
Buat atau perbarui profil Anda di situs jejaring profesional dan buat spreadsheet untuk merekam pekerjaan yang telah Anda lamar dan wawancara yang telah Anda lakukan. Pilihan lainnya adalah mengatur akun email profesional untuk memisahkan pesan pencarian kerja Anda dari pesan pribadi Anda. Menyelesaikan langkah-langkah ini sebelum memulai pencarian kerja Anda dapat membuat prosesnya lebih cepat dan mudah.
3. Minta bantuan untuk mengembangkan resume dan surat lamaran Anda
Tip lain untuk mencari pekerjaan adalah meminta teman, kerabat, rekan kerja, konselor karir, atau profesional lainnya untuk meninjau resume dan surat lamaran Anda jika ada kesalahan, dan memberi saran kepada Anda. Beberapa pencari kerja bahkan memilih untuk bekerja dengan layanan atau sumber daya penulisan resume profesional untuk menghemat waktu dan meningkatkan resume dan surat lamaran mereka.
4. Gunakan semua sumber pencarian kerja
Daripada membatasi diri Anda pada pencarian manual secara online, manfaatkan semua opsi pencarian pekerjaan. Ini dapat mencakup menjangkau perusahaan atau mempekerjakan manajer secara langsung, menghadiri pameran karier, mencari di media sosial, atau menggunakan layanan konseling karier. Gunakan mesin pencari pekerjaan untuk menemukan lowongan pekerjaan di papan pekerjaan, situs web perusahaan, asosiasi profesional, dan banyak lagi. Daftar untuk menerima pemberitahuan pekerjaan harian atau mingguan melalui email.
5. Sesuaikan resume atau CV Anda
Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Pelajari deskripsi pekerjaan untuk menentukan mengapa Anda sangat cocok. Kemudian tambahkan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian terukur yang relevan dengan posisi itu.
Mempekerjakan staf yang memiliki akses ke banyak resume, membaca resume Anda, harus segera mengetahui bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk posisi itu.
Untuk menyederhanakan langkah ini, siapkan resume dan template surat lamaran Anda untuk disesuaikan. Pertahankan bagian kunci, seperti pendidikan dan informasi kontak Anda, tetapi sesuaikan keterampilan atau kewajiban pekerjaan Anda sebelumnya agar sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.
6. Riset perusahaan Yang anda lamar
Saat Anda menemukan daftar pekerjaan yang menarik minat Anda, teliti perusahaan perekrutan sebelum melamar. Ini dapat memberi Anda informasi tentang budaya perusahaan, tunjangan dan kisaran gaji, produk dan layanan, lingkungan kerja, dan banyak lagi. Riset Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan itu. Ini juga memberi Anda informasi berharga yang dapat Anda rujuk dalam surat lamaran atau wawancara Anda.
7. Terapkan dengan percaya diri
Lamar pekerjaan yang Anda minati meskipun Anda hanya memenuhi beberapa persyaratan mereka. Bergantung pada posisinya, pemberi kerja dapat mempekerjakan orang-orang termotivasi yang cepat belajar dan memberikan pelatihan di tempat kerja. Bahkan jika Anda memenuhi sebagian dari keterampilan yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan, tetaplah melamar jika menurut Anda Anda dapat melakukannya dengan sukses. Sertakan contoh etos kerja dan kemampuan Anda untuk mempelajari keterampilan baru di resume Anda. Tekankan bagaimana tujuan Anda selaras dengan tujuan perusahaan.
8. Jadwalkan wawancara informasional
Wawancara informasional adalah percakapan informal dengan para profesional di industri atau perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Cari tahu apakah Anda adalah kandidat yang baik untuk suatu pekerjaan dengan meminta wawancara informasional dengan seseorang yang bekerja di bidang yang Anda minati. Cari topik wawancara potensial di situs jaringan atau organisasi profesional.
9. Sukseskan dan selesaikan pekerjaan saat ini
Jika saat ini Anda memiliki pekerjaan dan sedang mencari karier yang lebih baik atau berbeda, tetap lakukan pekerjaan Anda saat ini dengan sikap positif dan komitmen. Jaga hubungan baik dengan rekan kerja dan manajer Anda setiap kali Anda bekerja dengan mereka. Sikap dan upaya profesional Anda dapat mengarah pada referensi atau peluang pekerjaan di masa depan.
10. Ciptakan jaringan profesional
Berinteraksi dengan orang dan mengembangkan kontak profesional adalah salah satu tip terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Mulailah percakapan dengan orang-orang di seminar, acara sosial, atau kencan. Beri tahu mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan atau ingin bekerja di industri tertentu. Mereka mungkin memiliki koneksi atau saran yang dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan. Anda juga dapat menemukan lowongan pekerjaan yang tidak terdaftar atau orang dapat merujuk Anda untuk peluang masa depan.
11. Identifikasi contoh keterampilan Anda
Orang cenderung mengingat cerita menarik dan contoh daftar fakta. Rencanakan ke depan dengan mengidentifikasi pengalaman atau pencapaian pribadi yang menyoroti keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu. Tambahkan ini ke surat lamaran Anda dan gunakan selama peluang jaringan atau wawancara kerja. Gunakan metode STAR (situasi, tugas, tindakan, dan hasil) untuk menceritakan kisah Anda secara efektif.
12. Persiapkan untuk wawancara
Teliti pertanyaan wawancara umum, buat jawaban untuk mereka, dan latih jawaban itu sebelum diundang ke wawancara. Mintalah seorang teman atau kontak profesional untuk melakukan wawancara praktis dengan Anda. Jika Anda sudah siap, Anda akan lebih percaya diri dan nyaman saat melanjutkan wawancara berikutnya. Tanpa diragukan lagi, ini adalah salah satu tip terbaik untuk mencari pekerjaan.
13. Telusuri proses lamaran anda
Segera setelah wawancara kerja, kirimkan catatan terima kasih kepada manajer perekrutan. Jika Anda belum mendengar kabar darinya setelah seminggu, tindak lanjuti dengan panggilan telepon atau email. Dengan demikian, tunjukkan antusiasme dan minat Anda pada pekerjaan tersebut. Sementara Anda menunggu jawaban, teruslah mencari dan melamar pekerjaan yang Anda minati.
14. Kembangkan keterampilan Anda
Jika Anda baru saja memasuki dunia kerja atau memulai karir baru, Anda mungkin memerlukan lebih banyak pelatihan atau pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan. Pertimbangkan untuk magang atau menjadi sukarelawan dengan organisasi di industri yang Anda inginkan saat melamar pekerjaan. Gunakan kesempatan ini untuk memperluas jaringan Anda atau maju ke posisi penuh waktu. Anda juga dapat mengikuti kursus online atau menghadiri lokakarya untuk mengembangkan keterampilan tertentu atau mempelajari teknologi dan proses yang relevan dengan industri Anda. Perbarui resume Anda saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman atau pencapaian.
15. Manfaatkan profil LinkedIn Anda
Karena banyak karyawan sekarang bekerja dari rumah dan banyak agen tenaga kerja mengharapkan orang yang mereka pekerjakan untuk melakukannya juga, menunjukkan bakat dan pengalaman Anda dalam melakukannya sangat penting.
Sebutkan teknologi video tertentu yang telah Anda gunakan, seperti GotoWebinar atau Zoom. Sebutkan keakraban Anda dengan alat berbagi dokumen seperti Google Docs. Dan detail bagaimana Anda bekerja dari jarak jauh.
16. Pantau media sosial untuk peluang kerja potensial
58% perekrut menggunakan media sosial seperti LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mempromosikan merek mereka dan terhubung dengan bakat.
Untuk terhubung dengan pemberi kerja yang merekrut kandidat melalui media sosial, ikuti akun media sosial mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang operasi dan budaya mereka; Retweet dan bagikan postingan mereka yang relevan dan komentari postingan mereka ketika Anda memiliki sesuatu yang membangun untuk ditambahkan ke dalam percakapan.
17. Ciptakan sistem pencarian kerja untuk sukses
Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman? Jika Anda bukan pengangguran friksional, mudah kehilangan harapan dan motivasi selama pencarian kerja yang lama. Tetapi semakin kita khawatir tentang hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, semakin sedikit yang akan kita lakukan dengan hal-hal yang dapat kita kendalikan.
Dengan mempertimbangkan sentimen tersebut, berikut tiga cara untuk berbuat lebih banyak dengan apa yang dapat Anda kendalikan sebagai pencari kerja:
- Tetapkan tujuan harian dan mingguan. Berfokus pada tujuan yang jelas, daripada mengukur keberhasilan dengan cara orang lain merespons, akan membantu Anda terus bergerak maju.
- Batasi waktu Anda di papan pekerjaan online. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil pekerjaan yang ditemukan secara online.
- Prioritaskan perawatan diri. Menjaga pola pikir positif dan tubuh yang sehat sangat penting saat mencari pekerjaan. Manfaatkan waktu setiap hari untuk berolahraga, makan sehat dan mengunjungi orang-orang yang mencerahkan hari Anda.
Dengan 25 Tips ini Anda dapat menemukan pekerjaan dengan cepat.
18. Pertimbangkan seberapa mendesak pencarian Anda
Jika Anda mampu untuk menunda pencarian pekerjaan, Anda bisa menunggu, karena mencari pekerjaan selama karantina bisa menjadi tantangan tersendiri.
Sementara banyak industri telah dan akan terus terpukul oleh pandemi COVID-19, yang lain masih merekrut. Jika Anda menganggur dan membutuhkan pekerjaan, pertimbangkan untuk mencari di mana pun Anda dapat menemukan peluang yang masuk akal bagi Anda, dan itu akan membayar uang sewa Anda dan sementara itu menyediakan makanan di atas meja.
19. Gunakan waktu untuk merenung
Pencari kerja sering kali melompat pada kesempatan pertama yang tersedia atau memasuki pencarian Anda tanpa sepenuhnya mempertimbangkan apa yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Manfaatkan perlambatan di pasar kerja untuk mendapatkan kejelasan tentang di mana Anda ingin bekerja dan jenis peran dan jabatan yang Anda cari.
Selain tawaran pekerjaan, Anda juga dapat fokus pada perusahaan tempat Anda ingin bekerja dan siapa yang dapat Anda hubungi di perusahaan tersebut.
20. Bersikaplah fleksibel
Sebagaimana pandemi yang tampaknya berubah setiap hari, pencari kerja harus mau menyesuaikan pola pikir mereka dengan waktu.
Magang mungkin beralih ke pekerjaan jarak jauh. Bersiaplah untuk menemukan, mewawancarai, dan memulai pekerjaan secara virtual daripada secara langsung.
21. Sesuaikan aplikasi lamaran Anda
Dianjurkan untuk menyesuaikan aplikasi dengan kondisi pandemi. Gunakan ide ini untuk mencari pekerjaan. Untuk mengatasi kondisi kerja jarak jauh, buatlah bagian di resume Anda yang benar-benar merinci kenyamanan Anda dengan teknologi; termasuk program kolaborasi dan komunikasi jarak jauh yang sudah Anda ketahui. Juga sertakan pengalaman bekerja-dari-rumah sebelumnya yang Anda miliki di surat lamaran Anda.
22. Berlatih wawancara virtual
Berhati-hatilah dengan lingkungan Anda. Berpakaianlah secara profesional - Pewawancara dapat melihat segala sesuatu di sekitar Anda, jadi pastikan pengalamannya netral dan profesional. Periksa teknologi sebelumnya untuk memastikannya berfungsi. Periksa suara dan video.
Wawancara video membutuhkan latihan. Luangkan waktu untuk berlatih, mengulas, dan mengoreksi.
23. Prioritaskan kualitas daripada kuantitas
Karena lebih sedikit pekerjaan yang tersedia, semakin penting untuk membuat setiap lamaran pekerjaan Anda diperhitungkan. Teliti setiap organisasi, kemudian gunakan penelitian Anda untuk menyesuaikan resume dan surat lamaran Anda untuk setiap aplikasi. Tunjukkan kepada pemberi kerja bagaimana Anda mencocokkan apa yang mereka cari untuk meningkatkan peluang mereka mendapatkan wawancara.
24. Renungkan bagaimana Anda menonjol
Renungkan keterampilan dan pengalaman unik Anda dan rencanakan cara mengartikulasikannya dengan pemberi kerja. Setelah virus korona, pertimbangkan untuk menyoroti pengalaman kerja jarak jauh Anda, manajemen program, dan keterampilan memecahkan masalah, dan bagaimana Anda akan berfungsi dengan baik secara mandiri dan dalam tim sebagai karyawan jarak jauh. Carilah pengembangan profesional seperti kursus online, pelatihan, dan sertifikasi untuk meningkatkan keterampilan Anda.
25. Gunakan kegiatan sukarela
Jika, dalam iklim saat ini, aman dan pantas untuk dilakukan, berpartisipasi. Ada, dan akan, banyak kebutuhan dan orang-orang mulai bergerak untuk membantu.
Dalam jangka panjang, menjadi sukarelawan terkadang dapat menghasilkan pekerjaan berbayar atau karier baru dan selalu dimasukkan ke dalam CV Anda karena dapat membantu menunjukkan banyak keterampilan baru.
Bonus: Merasa minder karena usia sudah senja?
Terakhir, kami juga menawarkan tip untuk mencari pekerjaan setelah usia 40.
Penting untuk menghilangkan keraguan dari pemberi kerja tentang usia Anda sejak awal. Misalnya, tambahkan bagian keterampilan teknis ke resume Anda dan diskusikan tren industri saat ini di surat lamaran Anda.
Anda juga harus mempromosikan pengalaman dan kebijaksanaan Anda sebagai aset di saat krisis. Anda memiliki pengalaman yang tidak dimiliki orang lain dan itu harus ditekankan.